Thursday, June 02, 2005

me, myself and graphic design?

Date: Wed, 27 Apr 2005 10:46:06 +0700
To: pitics_99@yahoo.com, pitics99@yahoo.com
From: "Samsoel Oemam"

Subject: Maya, ^^^^^^, dan dunia grafis.... hehe..

Masih heran aja may kalo kamu masih saja bilang mau resign tapi, kalo dipikir ^^^^^^ itu memang bagai pisau bermata 2; enak karena nawarin sesuatu yang juga ditawarin bila jadi PNS.... kemapanan!!!
ga enak, karena ini adalah perusahaan 'mapan' yang secara kultural menghasilkan ritme yang kurang dinamis, hasilnya bisa ketebak... jenuh...
Kalo aku pingin kerja disini may, aku tau kalo aku harus kompromi dengan dengan semua itu...
akan aku manfaatin semua kemapanan itu.... misale dengan bener2 membangun 'rumah'.... my home sweat home!!!
bolehlah senin ampe jumat aku jadi sosok yang 'rutin', tapi sabtu ama minggu adalah hariku...
Hari buat keluarga dan hobiku...
masih inget kan ama kesukaanku ama desain interior? ato kesukaannku ama musik?
ini formula yang umum may.... makanya dunia dunia hiburan ga pernah mati, kenapa film action tetep aja laku...
teori dalam psikologi massa ne: mengkonsumsi media massa sebagai bentuk pelampiasan... hehe
Tapi, ini ternyata ada ga baeknya juga.
Kalo liat PNS pas lagi ngurus STNK kemaren di Samsat, atau kakakku sendiri...
Mereka terlihat seperti orang yang ga py pilihan laen, kok bisa yah hidup kayak gitu....
Dipikirin lebih dalem lagi, ternyata ini semua soal prioritas may... prioritas!!!!
jenuh mungkin bagi kamu di nomer urut 1 untuk diilangin,
tapi ga punya penghasilan bagi mereka itu di nomer urut 1 untuk diilangin....
mumpung masih bisa milih yah may....
kalo kamu udah kelewat jenuh dan mutusin buat cari kerja laen,
yang cocok itu may, cari perusahaan yang punya hierarki keidealan
sistem kerja sebuah perusahaan desain,
dimana disitu cukup lengkap mulai dari creative director sampe visualizer dimana kamu bisa jadi bener-bener seorang art director biarpun ga terlalu bisa gambar ilustrasi dimana itu ga jadi masalah karena kamu didukung adanya anggota tim yang akan saling melengkapi.
dimana kamu bisa tuker pikiran ama banyak orang soal goal kerjaan yang sedang kamu tangani.
dan berbagi tanggung jawab untuk mencapai goal itu.
(emang di ^^^^^^ ga bisa kayak gitu ya may????)
tapi ati2 may, keidealan diatas belum tentu dilaksanakan biarpun pada perusahaan yg py nama...
biasalah, yang namanya perusahaan jasa kan pasti ngandalin berapa jumlah projek yang masuk,
jadi kalo budgetnya kecil2, otomatis projeknya jg harus banyak...
artinya juga harus kejar setoran,
artinya juga, keidealan diatas bisa jadi ga jalan...
atau malah ini yang menjadikan mereka begitu dinamis may????
sebenernya masih relevan ngga sih kalo kita masih nyari keidealan?
eh, ini pertanyaan untukku kok may....
well,
temenmu kan banyak di jakarta may, cari info ama mereka aja may...
soal jenis projek2 yang mereka tanganin, trus hierarki sistem kerja diatas, juga sasaran target pasar mereka....
dari situ kamu bisa menilai apa kerja disitu bakaln dinamis dan ga ngejenuhin...
kalo aku sih taunya paling enak kerja di periklanan... dari berbagai milis yang aku ikuti,
mereka begitu mengagungkan keidealan2 itu (tapi tetep aja aku ga tau realitasnya may...)
kalo ternyata disana banyak kutu loncat, pasti ini kaitannya ama kebijakan perusahaan,
bisa gaji, atau kebijakan strategi yang diterapkan untuk klien.
contohnya;
h###### lebih suka bikin iklan yang sangat verbal karena mereka percaya emang ini yg cocok buat masyarakat kita. hasilnya, iklannya cenderung ramai dan jelek...
o@@@@@, sebaliknya laen lagi.... simak sendiri deh iklan besutannya dia
Trus may,
sebenernya aku sangat perlu tau, bagaimana sih sebenernya kamu memandang desain grafis itu sendiri????
menurutmu may...
jawab yah...


sori telat jawabnya...
hai sul wah gak nyangka, setelah lu kuliah komunikasi..ternyata analisamu jadi dalem juga. apa emang dari dulu sudah dalem tapi aku gak tau ya? hehehe... mungkin itu gunanya kamu kuliah komunikasi ..
thx bgt dah nyempetin nulis email buat gue

pertama gue jawab dulu pertanyaan2 mu JENUH..karena apa ya.. gue pikir banyak faktor
mgkin ini yang namanya demotivasi
mgkin gaji kurang,
mgkin kurang adanya penghargaan thd kerjaku
mgkin juga karena kerjaannya gak menantang yang jelas aku merasa ga berkembang..baik skill maupun pengetahuan..aku merasa mandeg sedang orang2 di sekelilingku adalah org2 mapan yang mandeg
aku ? mandeg iya mapan gak..jadi parah bener dong?
aku juga gak punya rasa bangga atas kerjaanku..kadang malah malu.. karena lingkungan kerjaku apresiasinya ama design ga begitu bagus bagi mereka, yang kukerjakan mgkin terlihat cool. bosku sering membanggakanku dihadapan balakurawanya herannya aku kok jadi ngrasa rikuh..berasa seperti piranha ompong di kolam mas koki
sejak 3 bulan pertama aku kerja di ^^^^^^ aku sudah jenuh..tp kutahan2 kan ampe skrg .. udah hampir brp ya ...2 thn lebih dikit..skrg mgkin sudah super duper jenuh..tiap hari ga semangat rasanya brkt kerja..bangun siang mulu, pulang pgn cepet2. brasa ga ngerjain apa2 deh

masa aku musti hidup seperti ini seterusnya?
^^^^^^ memang mengunggulkan kerja timnya,tp krn dia brkt dari deadline harian yang tiap hari harus kejar tayang, so design jadi nomer 2 .. yg penting tayang..warna ok, sesuai proof print. jadi kreativitas emang gak dituntut berkembang.. mgkin sdh terlalu lama dibekap sampe skrg ga bisa hidup normal. kerja tim jadi sperti ngecat rumah.. ayo borongan nih..ada bbrp kamar? kamu ngecat kamar ini pake warna itu.. kamu kamar yg itu.. dsbya alakadarnya lah. dan aku disini ga menemui satupun org yg bisa kuajak tuker pikiran yg bener2 tuker pikiran..seperti seorang sparing partner.kalo ga terlalu konvensional.. yah cuman mo nyari gampangnya aja.yang simplenya aja.. yg mudahnya aja jadi aku selalu ngrasa.. "kita harusnya bisa lakukan lebih dari ini.."tapi...yah gitu deh.. "segini aja lahh.. klien juga biasanya mau kok.."

hwuaahhh
soal design grafis?

hmmm. aku gak pernah berusaha mendefinisikan itu soalnya cabangnya banyak banget..
and that's why i like it
aku jabarin di lain email ya sul..cabut dulu yaks..

waiting for your response

petok perjuangan
maya



Date: Wed, 11 May 2005 12:06:12 +0700
To: "maya sari"
From: "Samsoel Oemam"
Subject: Re: Maya, Kompas, dan dunia grafis.... hehe..

tau deh,
aslinya sih pemikir,
gara2 kuliah, bisa jadi dibiasain untuk menganalisis banyak hal pake ilmu sosial
inilah lemahnya kita may,
Sulit banget untuk ngerti 'apa sih yang sebenernya terjadi' yang kita tahu seringkali cuman permukaan aja,
maka pemecahan persoalan pun juga cuman pada tahap ini...
masalah sebenernya? ga terselesaikan n bikin kita terjebak lagi dengan masalah yang sama,
mungkin cuma beda bentuk aja...
Knapa misalnya kamu harus meyakinkan diri kamu sendiri untuk mengatakan bhw pekerjaan kamu memang bagus... atau merasa bahwa semuanya terasa terlalu mudah, sudah ga ada tantangannya... apa bener ini memang soal tantangan?
cukup susah memang nemunya,
kadang memang butuh orang laen untuk bisa ngeliat dari sudut pandang yang beda may...
wah... lupa ne mau ngomong apa lagi padahal udah aku pikirin semingguan ini, ga tau kok tiba2 ilang....
Eh iya may,
Kalo mo ngomongin desain grafis sendiri, secara ga langsung aku udah mikirin sejak dahulu...
Kalo cuma desain grafis aja, waktu itu udah aku bisa rasakan dengan keadaanku waktu itu.... bosen!!!
kenapa?
coba pikir aja may,
desain grafis itu cuma jadi apa tanpa ngerti dunia konsep komunikasi (pemasaran, branding, ato PR)
ato tanpa ngerti dunia eksekusi (printing, multimedia, web, de el el)...
sanggah aku may kalo menrutmu salah...
emang sih, biar ga usah ngerti itu semua, kita bisa tetep kerja.
tapi liat hasilnya... cuman jadi tukang! cuman jadi operator software...
simak ne ceritaku...
bosku dulu pernah nyuruh bikin interface produk cat kalengan,
katanya; bikin yang semenarik mungkin, pake warna2 yang kinclong supaya
konsumen tertarik dan melakukan pembelian...
gila pikirku, emang jualan mass produk itu gampang?emang strateginya
cuman butuh itu biar laku??
gimana ama faktor pesaing?
sementara yang laen udah mengkondisikan calon konsumennya bahkan sebelum dia pergi ke toko dengan brand yang dipunyai, ini malah cuman pake interface... emang permen? beli kalo kemasannya menarik?
bagi kerjaan sejenis itu untuk sebuah percetakan, mungkin terlalu muluk aku mikirnya...
makanya, aku putusin buat sekolah lagee... hehe
balik ke atas may, emang juga mungkin ada posisi yang bakal nutup ketidakmampuan kita,
tapi, yang namanya kerjaan, kita kebagian yang tangibel, sebuah barang keliatan!
disitu problem solving ala kita ketahuan, disitu pengetahuan dan pengalaman kita diuji karena yang lain pasti cuma bekerja sesuai koridornya masing2.
Jadi, kalo menurutmu seorang desain grafis diharuskan bisa baca trend, inilah salah satu alasannya, inilah dasarnya.
perkembangan dunia jasa design mutakhir sekarang malah menuntut untuk sekalian jadi konsultan strategi pemasaran may...
pelik may, kalo udah ngerti banyak hal 'seharusnya' gini, aku tambah ga hargai profesiku sendiri...
hehe kok malah aku yang curhat...
harusnya emang ada batasan, sampe dimana hal 'seharusnya' itu diaplikasikan ama seorang desainer
biar ga kejadian posisi desainer grafis, mikirnya ampe seolah2 jadi manajer pemasaran.... haha...
Nah, kalo sudah tau gitu, kamu nemu tantangannya ga?
makanya aku kemaren nanya, desain grafis ala kamu kayak gimana sih may???


hehe.. maap ya sul
balesnya lama banget..
abis pertanyaanmu dalem banget .. bikin aku mikir abis2an..
dasar aku telmi..
kayanya otakku sdh mencapai batas ketumpulannya yg terpejal...
haduuuhhh.. sayah cemass.. perlu diasah lagi nih
mengingat masa2 ketika aku blom kenal desain grafis..
waktu itu pgn kuliah yg ada acara gbr2nya
cita2ku waktu itu jadi kartunis
trus tiba2 aja, ketemu jurusan yg namanya design grafis, desain interior, desain produk
dengan gembira aku pilih desain grafis
trus setelah akhirnya berhasil masuk kuliah
dapat belajar setahun...
aku menyadari... kayanya gak mgkin jadi kartunis
hikss sedih :(
abis gbr2ku jauh dr temen2 yg emg jago gbr
tp tetap semangat...
krn aku menemukan hal2 baru yang segera menjadi cita2ku terbaru
apalagi dosenku waktu itu.. asik bgt
funky abies
kebetulan beliau lulusan LN
trus beliau mencoba menerapkan cara2 ngajar di LN yg lsg mengarahkan mhs ke bidang2 yg mrk sukai.. ada mata kuliah major dan minor..
waktu itu desain grafis dibagi2 olehnya, gimana klasifikasinya ya? aku udah agak lupa :p
kalo gak salah ada BTL ( grafis ), ATL ( advertising ), tipografi, multimedia (web, CD, TV), information (environmental/exhibition), trus apa ye... hmm... hummm trus opo maneh ya... hadow.. sayah bener2 lupa
nah kita disuruh milih satu major dan satu minor.. trus nanti tugas2nya bakal dari major dan minor itu ajah.. so tiap mhs bisa lain2 tugasnya..
gile ..antusias bgt kita waktu itu..
tp kenyataan ga seindah itu..
krn berbagai faktor, antaranya jumlah mhs yg kebykan, ga imbang ama dosennya, waktu yg krg.. dsb dsb..dsb dsb.. tetep kita diajarin design grafis secara umum
kita lebih dididik untuk jadi konseptor..
walopun dgn segera bisa keliatan dr rekan2 mhs, ada yg menonjol di bidang2nya masing2
waktu itu aku sangat tertarik dgn environmental design.. itu tentang sign system sul..
yang dulu pernah dibikin untuk sampoerna..
cuman kuliat .. kok di Indonesia jadi asal bngt penerapannya.
trus masyarakatnya juga blom siap untuk punya public space..
tidak ada kesadaran ikut memiliki, kedisiplinan, kebersihan dan sebagainya..
trus aku melirik advertising.. kayanya boleh juga tuh
tp aku juga tertarik ama BTL, design grafis yg banyakan berakhir pd cetakan
okeh .. binun.. so baiknya aku nyari kerja di mana yah..
sempet pgn bikin cv yg keren bgt utk lamar di LE BO YE
pulanglah saya ke sby..
dan jalan2 .. ketemu *** dipameran..
wauuwww... designnya boleh juga nih... mau ahh
dan akhirnya .. berhasil diterima
Di ***, aku belajar jadi tukang..
dan frustasi..
sdh jelas kalah jauh dr kamos apalagi ama fajar
walo begitu sisi ideku masih idup...
tp paksan waktu itu melihat sisi kepemimpinanku yg lebih nonjol
jadi dipindahkanlah ku ke bali
Di bali, aku harus menjelma menjadi berbagai fungsi
strategi marketing, manajer, promosi, sales.. sekaligus designer
pusingggg... but i feel alive and enjoy it
dan tapi apa yah..
Selalu ada keinginan terpendam untuk bisa mendesign lebih baik lagi
kadang sirik banget liat kamu.. dyan, dani, atau kiki.. asik ngedesign
ketika balik ke sby
bagian promosi, bikin aku frustasi lagi
krn secara konsep, secara pemikiran.. aku banyak bertentangan dgn bos2 itu
secara konsep mgkin lebih berkembang..
tp balik untuk ngedesign jadi susah banget.. apalagi untuk nama ***
hah..
Keluar dr ***
nyoba freelance.. not so bad .. but not good either
terdampar di ^^^^^^
kecepatanku mendesign terasah tajam..
design yg standar ajah.. dan kebyakan tidak berotak
tapi aku cepat sekali sul..
dan setelah 3 bulan pertama aku sudah bosen..
apalagi skrg .. mgkin mulai berubah jadi fosil
aku musti mengembalikan sisi konseptualku yah?
so desain grafis itu apa sul?
mgkin jawab ilmiahnya.. komunikasi secara visual
buat aku.. sederhananya sih .. pgnnya sih
kalo org liat desainku.. mrk bisa lsg mengerti
tetap aja kenyataan ga seindah itu
dan aku cape ngejar itu
mgkin lebih baik aku terus berusaha mengasah skill designku
beautification.. yg tak berotak
paling gak.. itu yg keliatan pertama kali
tp.. nyatanya aku kok tetap aja gak puas ya sul
tp gimanapun... obrolan dgnmu dan dgn fajar..
bikin aku mikir2 lagi untuk resign dr sini
paling enggak aku harus tau dulu apa yg kucari
dan kemana mencarinya..



Date: Thu, 02 Jun 2005 15:38:17 +0700
To: "maya sari"
From: "Samsoel Oemam"
oemam@hotpop.com

Subject: Re: desain grafis?

Tuh kan may,
masalah kita sebenernya sama aja kan?
bagi haul, kalo aku ngeliat.... desain grafis itu langkahnya 1,2,3...
dia ngertinya itu...
dan ketika dia udah merasa bagus melakukan 1,2,3 itu, dia udah puas...
kalo dia harus merasa meningkat, mungkin bisa dengan cuma urusan reward, sebagai bukti pengakuan.
tapi, kita ternyata ngerti kalo langkah 1,2,3 itu ternyata butuh juga langkah 0 juga itu otomatis membuat kita akan baru merasa puas kalo udah ngelakuin 0,1,2,3...
masalahnya, kerjaan kita ga memerlukan langkah 0 itu,
tul kan???
>so desain grafis itu apa sul?
>mgkin jawab ilmiahnya.. komunikasi secara visual
>buat aku.. sederhananya sih .. pgnnya sih
>kalo org liat desainku.. mrk bisa lsg mengerti
>tetap aja kenyataan ga seindah itu
>dan aku cape ngejar itu
>mgkin lebih baik aku terus berusaha mengasah skill designku
>beautification.. yg tak berotak
>paling gak.. itu yg keliatan pertama kali
>tp.. nyatanya aku kok tetap aja gak puas ya sul
dan ternyata lagi may, langkah sebelum 0 dan setelah 3 itu ada....
orang liat desainmu trus bisa ngerti, biarpun keliatan sederhana ternyata emang butuh langkah itu may....
(paling rumit, liat aja flow kerja biro iklan.... rumit!!!)
yang kamu bilang orang aja masih mereka pilah-pilah,
untuk mereka supaya melihat aja juga perlu strategi rumit.
bisa mengerti, ini juga ungkapan berekor... mengerti seperti apa misale...?
hehe, biar ga pusing, pada akhirnya kita perlu buat narik garis tegas itu....
"udah deh, bagianku yang ini aja..." , "yang laen aku percayakan aja ama kamu"
>tp gimanapun... obrolan dgnmu dan dgn fajar..
>bikin aku mikir2 lagi untuk resign dr sini
>paling enggak aku harus tau dulu apa yg kucari
>dan kemana mencarinya..
oke deh may, selamat mencari...
masalahmu juga bikin aku makin berkaca kok.



Date: Thu, 02 Jun 2005 16:56:42 +0700
To: "maya sari"
From: "Oemam"
oemam@hotpop.com
Subject: Re: desain grafis?

lho,
ga setuju ama kesimpulanku?
bantah dong...
emang ideku untuk mengkotak diri terus naruh kotak itu di tempat yang sesuai itu ide jelek?
kemaren aku ditanya, apa bisa aku bikin animasi kayak di hugos...
jawabku; saya coba pak!
kata bosku; bisa apa tidak?
aku ragu... beneran ragu.... :; tidak pak!
(jawaban yang harusnya ga perlu ragu may, motion graphic bukan bidangku)
bosku terus bilang; ya udah, cari yang bisa...
walhasil aku kenalin deh ama none, biarpun dia ga gape, minimal bisa direct orang, manage waktu dan bisa kerja sama...
(ga dikerjain sendiri kok, tetep pake udin...)
aku sih cuman minta dilibatkan pas storyboard aja,
biar bisa jaga agar sistem grafisnya ga melenceng dari brand....
biarpun ntar itu bukan karyaku, aku bakalan puas, brand milik perusahaanku dapetin outsource yang terbaik dari yang aku tau...
masih ide jelek?


At 04:12 PM 6/2/2005, you wrote:
>waduh soell...
>setelah bbrp email dan pemikiran yg panjang..
>kamu akhiri diskusi kita seperti ini..
>tanpa jawaban yg berarti untukku?
>yang bener ajah...



1 comment:

Eddy Fahmi said...

sumpek yoh dadi tukang terus? pingin pensiun ae, mbukak warung utowo mbangun toko mracang? yokopo?